MENU HARGA TELUR LAYER

Analisis ttg TELUR (tolong forward ke yg lain)

Slmt Sore Peternak Layer:

Bagaimana caranya mengangkat harga telur pada situasi saat ini?

Kita coba mempersatukan pendapat sbb:

1. Kita semua sepakat bahwa produksi telur Nasional tidak berlebih.
Alasannya: semua telur terjual habis. Umpama kalau ada kelebihan 5% saja, coba kali-kan sejak 1 Maret sampai hari ini 40 hari x 5% = 200%, akan menumpuk. Ternyata tidak ada telur yg menumpuk.

2. Harga turun terus BUKAN OVER SUPPLY tapi karena tekanan Agen, setiap kali PINSAR/Peternak berusaha bertemu, agen telur melawan dgn aksi mengurangi pembelian, peternak menjadi PANIK lagi. Demikian juga saat Analisis PINSAR di sebarkan, agen mulai menekan terus.

3. Isyu BLITAR sekitarnya over supply. Tahukan kita bahwa 60% telur Blitar itu dikirim keluar Jawa Timur??? Namanya juga sentra produksi TELUR pasti over supply setiap hari. Agen telur memanfaatkan situasi stock di Blitar utk mempermainkan harga telur di Jabodetabek.

4. Jabotabek sekitarnya selalu kekurangan telur dan kebutuhan telurnya dikirim dari semua daerah. Seharusnya Jakarta-lah yang menentukan standar harga jual, karena PUSAT PASAR, jangan seperti saat ini Peternak semua berpatokan pada harga Blitar. PSIKOLOGIS nya akan berbeda.

Kesimpulan:
Harga Jabotabek senin 9 April dan seterusnya HARUS dinaikan bertahap, Harga Blitar mengikuti NAIK. Harga layak telur ON FARM Jabotabek adalah diatas 15000Rp/kg, daerah lain mengikuti. Perlawanan Agen akan terjadi, tinggal keyakinan dan persatuan peternak akan membuktikan.

Mari berikn kritik/saran mmpertajam analisis ini.
PINSAR akan mncoba berturut-turut mndiskusikn brsama disesi berikutnya..TQ (PINSAR milik semua PETERNAK,untuk semua PETERNAK)