MENU HARGA TELUR LAYER

HASIL PERTEMUAN Pinsar, dirjen (pemerintah) dan GPPU tgl 26 maret 2012

1. Masalah HARGA DOC layer, harga tinggi karena PERMINTAAN lebih tinggi (bulan ini 1.9 jt/mg), daripada suplay (1.2 jt/mg).

2. Suplay kurang karena PS & GP kurang serta diakui banyak yg sakit / bermasalah masalah produksi. Dg dimasukkanua PS & GP dadi bulan agust - des 2011 diharapkan produksi DOC mulai bulan mei, juni dst sesuai jumlah permintaan. Diharapkan harga mulai menurun.
3. Dari laporan / kenyataan di lapangan bahwa harga DOC layar 12.000-13.000, harga pullet 3.500-4.000 / mg sampai ternak. Agar modal kembali, mestinya harga telur 14.500. Padahal sudah sebulan ini dibawah 14.000 bahkan sekarang menyentuh ke 12.000. Dari kenyataan ini peternak MEMOHON kepada GPPU yg difasilitasi dir perbibitan (Bp Abubakar beserta Ekonom pertanian Bp Arif) dari pemerintah, memohon agar GPPU ber EMPATi / memberikan simpatinya kepada PETERNAK untuk TIDAK MENJUAL DOC LAYER TERLAMPAU TINGGI. Dan hasilnya :
A. Pihak GPPU akan segera kengkoordinasikan kepada direksi masing masing Breeder Anggota GPPU untuk merespon permohonan peternak.
B. Ternyata Breeder mengaku sampai belum pernah menjual DOC diatas Rp. 12.000. Bahkan kemarin di Jakarta hanya menjual dg harga Rp. 10.500 - 11.000. Menghimbau para peternak mulai untuk tidak berebut DOC, dan memposisikan penawaran DOC saat ini disekitar Rp.10.500 - 11.000 / ekor. Apabila ada yg menawarkan DOC terlalu tinggi dan TIDAK WAJAR, segera berkomunikasi dg wakil kelompok ternak / pinsar untuk dilanjutkan ke GPPU dan dir perbibitan, mereka akan siap dan terbuka untuk membantu menyelesaikan masalahnya asalkan dilakukan dg cara yg sopan dan damai. Karena kita masih dalam satu keluarga besar industri peternakan indonesia.

4. Masalah D0C union hasil persilangan, bp. Iswanto telah setuju saran saran Bp. Dir perbibitan. Agar kalau memasarkan memiliki standarisasi dulu biar tidak ada yg dirugikan. Untuk harga doc silangan yg kemarin bp istanto bilang antara Rp. 2.000-4.000 / ekor.

5. Masalah DOC kawin pakan , lelang pullet (atau monomopi doc - pullet / kartel) pakan sudah diutarakan. Belum bisa dibahas secara mendetail karena waktunya tidak memungkinkan.

6. Untuk selanjutnya kalau ada diskusi masalah DOC, pemerintah akan memanggil semua breeder, bukan hanya yg masuk GPPU (cuma 11 anggota). -------------------------------------

Saran dari kami sebagai peternak, untuk harga DOC mulai minggu ini TAWARLAH disekitar 10.500 - 11.000 sesuai harga yg dikeluarkan breeding. Lambat laun ditawar menurun lagi sampai menuju titik saling tidak memberatkan, saling untung dan saling berkembang, untuk kesejahteraan kita bangsa indonesia. Terima kasih dan suksess.